Kuliner Travel

6 Pilihan Oleh-Oleh Untuk Anda Yang Berkunjung ke Solo

Buyavana – Kota Solo selain memiliki banyak tempat wisata ternyata juga memiliki banyak keragaman kuliner lezat yang sayang jika dilewatkan untuk dicoba. Sayangnya banyak dari para wisatawan bingung untuk memilih oleh-oleh mana yang bisa dibawa pulang tanpa harus khawatir menjadi basi di jalan.

Berikut adalah daftar rekomendasi oleh-oleh khas Solo yang bisa kamu bawa sebagai buah tangan untuk teman-teman kamu.

1. Serbat jahe solo

Oleh-oleh pertama yang bisa kamu bawa untuk dihadiahkan kepada teman-temanmu adalah serbat jahe. Minuman jahe instan tradisional khas Solo yang satu ini tidak dijual dalam bentuk siap minum atau sirup melainkan dalam bentuk tablet. Sehingga kamu bisa membawanya tanpa harus khawatir akan basi. Diolah dari jahe dan rempah-rempah tradisional lain, sangat cocok dijadikan minuman untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin.

2. Rambak petis sapi

Rambak petis sapi ini merupakan kerupuk yang terbuat dari kulit sapi, dimakan bersama sambal petis yang terbuat dari kaldu sapi dan rempah-rempah khas Solo. Kalau biasanya di tempat lain rambak masih harus diolah lagi menjadi masakan, rambak yang satu ini sudah siap makan lho sehingga cocok untuk dijadikan cemilan maupun sebagai teman makan yang gurih. Tempat produksinya ada di Kampung Jagalan, Jebres, Solo.

3. Serabi solo

Serabi Solo adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung beras yang dicampur santan dan dimasak di atas arang. Biasanya diberi taburan berupa pisang, nangka, messes dan keju. Tidak berkuah, digulung dan diberi alas daun pisang. Serabi Solo yang terkenal berasal dari Notokusuman atau yang sering disingkat menjadi Notosuman. Oleh-oleh ini bisa bertahan 1-3 hari bila dimasukan ke dalam kulkas.

4. Intip

Intip adalah sisa nasi yang mengering, biasanya di bagian dasar panci atau peralatan penanak nasi lainnya yang dimasak secara tradisional. Orang Jawa menyebutnya “diliwet”. Sisa nasi ini diolah sedemikian rupa sehingga dapat dinikmati sebagai cemilan. Makanan ini dapat kamu jumpai dalam bentuk bundar seperti panci dan biasanya diberi cairan gula jawa yang kental. Hmm, kamu tertarik untuk mencobanya?

5. Ampyang

Ampyang adalah cemilan khas Solo terbuat dari kacang tanah yang dimasak bersama jahe dan gula jawa. Perpaduan rasa manis dari gula dan kacang tanah yang renyah juga rasa jahenya pasti akan membuat kamu jadi ketagihan setelah mencicipinya.

6. Roti Kecik Ganep’s.

Roti kecil-kecil ini dinamai Roti Kecik karena diilhami oleh tanaman sawo kecik yang banyak tumbuh di halaman dalam Keraton Kasunanan Surakarta. Terbuat dari 100% beras ketan dengan proses disangrai ditambah gula pasir dan telur sehingga bebas kolesterol dan dibuat tanpa bahan kimia.

Nah, itu dia oleh-oleh khas Solo yang bisa kamu bawa untuk diberikan pada tetangga, teman dan keluarga jika kamu berkunjung ke Solo.