Keuangan Tips dan Trik

5 Cara Mengatur Keuangan ala Anak Kos yang Bisa Anda Tiru

Buyavana – Jadi anak kos ini sepertinya harus pandai-pandai mengatur keuangan, deh! Bagaimana tidak, kiriman dari orang tua yang kadang tidak menentu serta tuntutan yang lainnya membuat Anda harus serba hemat. Cara mengatur keuangan ala anak kos yang serba irit ini bisa Anda contoh, lho! Tentu saja agar keuangan bulanan Anda selalu aman meski dana tipis.

  1. Menyusun Anggaran Belanja Rutin

Siapa bilang anak kos tidak punya anggaran belanja rutin? Punya, kok! Mereka punya anggaran belanja seperti membeli pulsa, uang kos, uang makan dan lainnya. Untuk itulah mereka membuat anggaran belanja bulanan agar dana seadanya cukup. Sebab, mereka tak bisa menjamin kapan kiriman dana dari orang tua akan sampai.

  1. Memasak Sendiri

Cara lain yang biasanya anak kos lakukan untuk berhemat adalah memasak sendiri. Benar saja. Cara ini memang bisa menghemat pengeluaran makan. Bayangkan bila seandainya satu kali makan harus menghabiskan Rp15.000,-. Untuk tiga kali makan selama sehari, berarti Rp45.000,-, kan? Sedangkan bila memasak sendiri, paling biayanya setengahnya saja.

  1. Perbanyak Relasi

Cara yang satu ini juga masuk akal untuk anak kos. Banyak relasi kadang membuat mereka mendapat banyak informasi tentang lowongan pekerjaan sampingan untuk mendapatkan tambahan. Selain itu, terkadang punya banyak relasi juga bermanfaat jika ada acara traktiran. Tapi, tentu saja bila bukan Anda yang mentraktir, ya!

  1. Kreatif dalam Daur Ulang

Sebagian anak kos ternyata juga sangat aktif dalam berdaur ulang untuk menghemat pengeluran. Misalnya saja dengan menggunakan kertas yang bagian belakangnya masih bisa digunakan untuk mencatat berbagai hal. Setelah tak bisa digunakan lagi, barulah diloakkan.

  1. Kenali Wilayah

Selanjutnya, anak kos juga harus mengenali wilayahnya. Semisal mereka tak bisa memasak, mereka bisa mendatangi tempat menjual makanan yang murah. Bisa juga mereka ke tempat fotokopi termurah dan sebagainya. Paling tidak dengan cara ini mereka bisa menghemat sedikit biaya.

Nah, cara mengatur keuangan ala anak kos yang serba hemat di atas bisa Anda tiru untuk mengatur keuangan Anda juga. Memang tak perlu seketat anak kos, tapi cara ini juga bisa membantu keadaan finansial Anda nantinya. Belajar yang baik bisa darimana saja, kan? Tak masalah meskipun dari anak kos?