Berita Informasi

Usaha RAPP Riau untuk Tetap Merawat Lingkungan Saat Memproduksi PaperOneTM

Foto : aprilasia.com

Buyavana РBagi seseorang yang sering berkutat dengan komputer, apalagi untuk penjuang skripsi pastilah mengetahui berbagai macam produk kertas yang sering digunakan. Salah satunya adalah produk kertas PaperOneTM.  PaperOneTM sendiri adalah sebuah produk unggulan dan asli Indonesia dan 100 persen produk dari bahan baku hingga produksinya dilakukan di Indonesia. Produk terkenal tersebut sudah dieksor hampir di seluruh dunia mencakup hingga lebih dari 70 negara ini, diantaranya adalah Negara Singapura, China, India, Jepang, Korea, Australia,benua Eropa seperti Rusia, Turki, dan beberapa kawasan di Amerika, yaitu: USA, Mexico, Brazilia, dan beberapa negara lainnya, termasuk kawasan Asia Pasifik dan Asia Timur.

PaperOneTM sendiri dikelola di sebuah pabrik yang berlokasi di Provinsi Riau dan dikelola oleh PT Riau Andalan Pulp and Paper (PT RAPP) yang dinaungi oleh APRIL Grup. PT Riau Andalan Pulp and Paper sendiri merupakan sebuah perusahaan atau industri besar yang memproduksi Pulp (bubur kertas) dan kertas dan juga merupakan salah satu perusahaan terbesar di Asia Pasifik.

Keunggulan dari produk tersebut tidak perlu diragukan lagi. Kualitas dari kertasnya terbilang tergolong dari kualitas yang tinggi yang merupakan kertas serbaguna dengan kualitas prima.Selain itu karena keunggulan produk dari PT RAPP ini, PaperOneTM  mendapatkan Program untuk Pengesahan Sertifikasi Hutan atau sertifikasi PEFC. Keunggulan dari produk tersebut mencakup dari kualitas dari kertas yang tergolong berkualitas tinggi yang merupakan kertas serbaguna dengan kualitas prima.

Yang kita tahu, pembuatan kertas terbuat dari pepohonan namun APRIL Grup tidak serta merta menggunakan atau menebang secara liar. APRIL berupaya untuk penanaman hutan yang dilakukan sendiri dan seluruh proses penanaman hutan yang dilakukan oleh APRIL sudah memenuhi aturan standar yang berlaku secara internasional. Selain itu, mereka melakukan daur ulang di setiap proses produksi sehingga tidak menghasilkan limbah yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan. Di samping itu juga, APRIL grup menerapkan sebuah konsep ramah lingkungan dan terbarukan, yang dinamakan dengan opticoncept M.

Selain itu, (RAPP) memiliki komitmen kuat dalam perlindungan dan pengelolaan ekosistem gambut. Sifat lahan gambut menciptakan manfaat yang unik sekaligus tanggung jawab tambahan. Lanskap tersebut mendukung pertanian pohon produktif yang menciptakan keunggulan kompetitif bagi kehutanan Indonesia. Ketika dikelola dengan bijaksana dan hati-hati, risiko terhadap lingkungan dapat berkurang jika dibandingkan dengan area hutan yang tidak dikelola. Dan dari sanalah dapat diketahui komitmen RAPP Riau untuk merawat lingkungan saat memproduksi PaperOneTM.