Family Informasi Parenting Tips dan Trik

6 Tips Parenting agar Anak Balita Anda Patuh Sejak Kecil

Buyavana – Mendidik anak balita memang gampang-gampang sulit. Pasalnya, masa balita merupakan masa dimana anak Anda senang bermain dan ingin merasa bebas untuk melakukan hal yang mereka suka. Lalu bagaimana cara mendidik anak balita Anda agar bisa patuh? Yuk, ikuti 6 tips parenting di bawah ini agar anak balita Anda patuh sejak kecil.

  1. Konsisten dalam Mendidik

Hal utama dalam tips parenting mendidik anak balita Anda agar patuh ialah konsisten dalam mendidik. Sebagai contoh ketika Anda melarang anak Anda bermain bola siang hari, maka Anda harus konsisten dalam melarangnya. Jelaskan bahwa siang hari ia harus tidur siang dan tidak boleh bermain. Lakukan secara rutin hingga anak Anda patuh pada perintah Anda.

  1. Kenali Waktu Tantrum atau Rewel Anak

Tantrum atau yang biasa terjadi pada anak ketika mereka sedang rewel pasti sangat merepotkan Anda. Maka dari itu, Anda harus kenali betul waktu tantrum anak Anda. Biasanya, si kecil akan merasa rewel ketika lapas dan mengantuk.

Anda harus dapat mengetahui mainan atau hal apa yang dapat membuat ia merasa senang kembali. Buatlah suasana hatinya membaik. Jangan lupa untuk berikan pujian manis untuknya. Dengan begitu, anak Anda akan patuh pada Anda dengan sendirinya.

  1. Ikuti Pola Pikir Anak Anda

Pola pikir Anda tentu berbeda dengan pola pikir si kecil. Jika anak Anda membuat berantakan isi rumah, maka hadapi dengan tenang. Jangan langsung memarahinya apalagi sampai memukulnya. Usahakan untuk dapat mengikuti pola pikir anak Anda. Ingat bahwa Anda perlu melakukan hal yang sama pada masa seusianya.

  1. Ciptakan Lingkungan yang Menyenangkan

Lingkungan yang menyenangkan akan membuat tumbuh kembang anak Anda lebih aktif dan lebih cepat. Buatlah lingkungan yang menyenangkan untuk anak Anda. Berikan mainan yang menyenangkan namun tetap aman untuknya. Jangan lupa untuk mengajarinya merapikan mainan setelah bermain. Ingatkan si kecil berkali-kali agar patuh pada perintah Anda.

  1. Beri Hukuman yang Mendidik untuk Anak

Jangan pernah ragu untuk memberikan hukuman kepada anak Anda, ya! Jangan berlindung di balik kalimat tak tega sehingga harus membiarkan anak Anda berbuat salah. Orang tua yang bijak ialah orang tua yang dapat memberikan hukuman yang pas terhadap anaknya. Jangan memberikan hukuman yang berat pada anak dan hindari bertindak keras.

  1. Bersikap Tenang Ketika Memarahi Si Kecil

Seringkali orang tua tersulut emosi ketika sedang memarahi anaknya. Hal ini sangat berbahaya karena dapat menimbulkan trauma kepada anak. Anda harus tetap bersikap tenang dan sabar dalam menasihati anak Anda. Jangan sampai Anda terlihat emosi apalagi sampai berbicara kasar.

Itu dia, tips parenting untuk anak balita Anda agar patuh sejak kecil. Menjadi orang tua yang bijak memang sulit. Namun, tidak ada salahnya jika Anda terus mencoba. Anda bisa mulai dengan menerapkan 6 tips di atas. Yuk, mulai terapkan 6 tips di atas ketika mendidik anak balita Anda.