Informasi Lifestyle

Kenikmatan Berpuasa Arafah Menyambut Idul Qurban

Buyavana – Idul Qurban atau Idul Adha merupakan hari raya bagi umat Islam yang selau dinantikan kehadirannya. Disebut Idul Qurban karena pada hari ini umat Islam akan melakukan penyembelihan hewan qurban. Di hari ini pula umat Islam akan saling berbagi kebahagiaan lewat daging qurban yang dibagikan kepada semua saudara dan tetangga.

Berkurban menjadi salah satu perintah Allah yang disunnahkan kepada umat muslim. Berkurban sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh mereka yang mampu dan jenis hewan yang dikurbankan juga bisa disesuaikan dengan kemampuan. Mulai dari kambing, domba, sapi, dan juga unta, namun pastikan hewan yang akan dikurbankan dalam kondisi sehat dan layak.

Sebelum menyambut Idul Adha, umat muslim disunnahkan untuk menjalankan ibadah puasa. Pada tanggal 9 Dzulhijah, satu hari sebelum sholat Idul Adha dan berkurban, umat Islam disunnahkan untuk menjalankan ibadah puasa. Sebenarnya apa saja keutamaan dari ibadah puasa Arafah sebelum hari raya Idul Adha ini?

Keutamaan Puasa Arafah

Hari Arafah disebut sebagai hari terbaik sepanjang tahun. Nabi Muhammad SAW bersabda : “Tidak ada hari yang paling banyak Allah membebaskan hambanya pada hari tersebut dari neraka dari hari Arafah.” (Riwayat Imam Muslim). Itulah mengapa hari Arafah ini menjadi satu hari yang memiliki kelebihan tersendiri.

Berpuasa di hari Arafah, sebelum Idul Qurban, akan menebus dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang. Soal masalah ini, Nabi Muhammad SAW ketika ditanya soal ibadah puasa Arafah bersabda : “Ia menebus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” (Riwayat Imam Muslim)

Perbanyak Dzikir dan Doa

Pada hari Arafah, umat muslim yang sedang beribadah haji diwajibkan untuk melakukan wuquf di padang Arafah. Bagi umat muslim yang tidak berhaji maka dianjurkan untuk menjalankan ibadah puasa. Selain berpuasa, umat muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak dzikir dan berdoa kepada Allah di hari Arafah yang penuh keberkahan ini.

Ketika menjalankan puasa di hari Arafah anda juga disarankan untuk memperbanyak istighfar memohon ampunan kepada Allah. Initnya di hari ini, anda disarankan untuk memperbanyak ibadah anda dan melakukan amalan-amalan yang baik untuk memperbanyak pahala.

Betapa mulianya melakukan ibadah puasa Arafah ini. Jika anda mengetahui keberkahan dan kemuliaan puasa Arafah maka anda tentu akan sangat bersemangat untuk menjalankan ibadah puasa dan semakin bersemangat pula menyambut hari raya Idul Adha yang penuh dengan kerbekahan.

Puasa di awal Bulan Dzulhijjah

Bukan hanya berpuasa di tanggal 9 Dzulhijjah yang diutamakan dan disunnahkan. Anda juga bisa menjalankan ibadah puasa pada tanggal 8 Dzulhijjah untuk antisipasi kalau-kalau ada kemungkinan bahwa tanggal 9 Dzulhijjah itu merupakan tanggal 10 Dzulhijjah. Jadi, meskipun ada perubahan seperti itu maka anda sudah menjalankan ibadah puasa seperti yang disunnahkan.

Bahkan, berpuasa di delapan hari awal bulan Dzulhijjah juga merupakan sebuah keutamaan. Umat muslim disunnahkan untuk berpuasa mulai dari hari pertama hingga hari ke delapan bulan Dzulhijjah. Rasullullah SAW bersabda : “Tiada amal yang soleh yang dilakukan pada hari-hari lain yang lebih disukai daripada hari-hari ini (sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah).” (HR al-Bukhari)

Itulah tadi keutamaan berpuasa di bulan Dzulhijjah. Sebagai umat muslim, tentu anda tidak ingin melewatkan kesempatan ini begitu saja. Pastikan anda juga memaksimalkan amalan yang anda lakukan di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Jangan lupa, pada hari raya Idul Qurban anda juga disunnahkan untuk berpuasa dulu sebelum menjalankan sholat Idul Adha dan disunnahkan makan setelah sholat.