Informasi

Jangan Salah Pilih! Inilah Tips Memilih Asuransi Syariah Berkualitas

Buyavana – Tak bisa dipungkiri, mayoritas masyarakat Indonesia cenderung menggunakan asuransi konvensional. Namun untuk sekarang ini, sedikit demi sedikit masyarakat Indonesia mulai beralih ke asuransi syariah karena dirasa dapat lebih mendapatkan manfaat. Nah berikut merupakan beberapa cara memilih asuransi berkualitas.

  1. Ketahui Kebutuhan, Jangan Sampai Salah Pilih Produk

Langah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Dari berbagai produk asuransi yang ditawarkan, pilihlah produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan ragu untuk meminta masukan dan pendapat dari agen asuransi yang Anda percaya.

  1. Cari Referensi

Saat ini banyak sekali perusahaan asuransi syariah yang menawarkan berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, Anda harus jeli dalam memilih perusahaan asuransi yang akan Anda ikuti. Anda dapat mencari berbagai informasi tentang perusahaan yang akan Anda pilih.

  1. Pastikan Perusahaan Asuransi Memiliki DPS

DPS adalah Dewan Pengawas Syariah. Semua perusahaan asuransi berkualitas pastinya akan memiliki DPS yang berpengalaman dalam bidang ekonomi syariah. DPS berfungsi untuk mengawasi, mengatur dan menjamin bahwa produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi sesuai dengan syariat agama Islam.

  1. Pelajari Detil Akad Asuransi yang Dibuat

Akad asuransi merupakan sebuah bentuk perjanjian dalam asuransi. Anda perlu memahami dan mengetahui terlebih dahulu mengenai akad yang digunakan oleh perusahaan asuransi tersebut. Isi akad asuransi biasanya beisikan tentang status polis premi asuransi jiwa dan invertasi.

  1. Sesuaikan Antara Kebutuhan Asuransi dengan Manfaatnya

Semua produk asuransi tentunya akan memberikan manfaat dan keuntungannya masing-masing. Pelajari terlebih dahulu apa manfaat dan keuntungan asuransi yang akan dibeli. Pilihlah produk asuransi yang dapat memberikan bermanfaat serta keuntungan bagi kebutuhan Anda selanjutnya.

  1. Coba Cari Tahu Sistem Pengelolaan Dana Asuransi

Sistem pengelolaan dana asuransi yang berlabel syariah biasanya bedasarkan Al-Qur’an dan memakai prinsip Al-Mudharabah yang diajarkan oleh agama Islam. jadi, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan mecari tahu sistem pengelolaan dana asuransi yang akan memberikan ketenangan bagi Anda.

Nah, diatas merupakan beberapa tips memilih perusahaan asuransi yang terpercaya. Apakah Anda tertarik untuk bergabung? Allianz merupakan perusahaan asuransi jiwa dan investasi yang terpercaya dengan prinsip syariah. Selain itu, Allianz juga memberikan KadoUmroh Allianz gratis bagi orang yang beruntung.