Informasi Kuliner Lifestyle

Yuk, Mengenal Burger Whopper® dari Burger King Lebih Dekat!

Buyavana – Siapa yang tidak kenal dengan burger khas buatan Burger King ini? Saat kamu ke Burger King, pasti pernah memesan burger ukuran besar yang super lezat bernama Whopper atau malah selalu memesannya. Ya, kan? Dibalik kelezatannya, tersimpan sebuah cerita menarik yang perlu kamu tahu untuk mengenal burger Whopper dari Burger King lebih dekat. Mau tahu? Baca terus sampai selesai, yah.

Burger Whopper diciptakan pada 1957 oleh pendiri Burger King, James McLamore. Hal yang mendorong dirinya untuk menciptakan burger ini cukup sederhana, yaitu ia sadar bahwa banyak restoran cepat saji sukses dengan menjual burger berukuran besar. Nah, dari situlah burger Whopper lahir.

Sebelum menggunakan roto biji wijen pada 1970, awalnya burger Whopper hanya menggunakan roti polos saja. Namun isiannya tetap sama, yaitu patty daging sapi 110 g yang dipanggang, mayonnaise, selada dan tomat segar, acar, saus tomat, dan irisan bawang. Hmmm… Pantas rasanya sangat lezat, ya!

Pada 1985, berat burger Whopper meningkat menjadi 120 g dikarenakan roti yang digunakan diubah menjadi kaiser roll. Ketika tim manajemen baru mengambil alih perusahaan, mereka mengembalikan semua perubahan yang dilakukan setelah tahun 1985, termasuk mengubah kembali penggunaan kaiser roll menjadi roti biji wijen pada 1994.

Selain penggunaan bun, bungkus yang digunakan untuk burger Whopper juga mengalami banyak perubahan. Misalnya pada 1991, Burger King menggunakan waxed paper sebagai usaha untuk mengurangi jumlah kertas yang digunakan sebagai bentuk kontribusi dalam menjaga lingkungan. Setelah itu, pada 2002–dan dalam waktu singkat, Burger King menggunakan pembungkus alumunium foil berwarna emas sebagai bentuk selebrasi dari ulang tahun burger Whopper yang ke-45. Pada 2012, Burger King memutuskan untuk membungkus setengah burger Whopper dan dikemas dalam kotak karton.

Lalu, bagaimana dengan burger Whopper Jr. yang juga dicintai oleh banyak orang (mungkin termasuk kamu)? Cerita mengenai ‘adik’ dari burger Whopper ini cukup lucu, karena lahirnya burger Whopper Jr. adalah murni ketidaksengajaan.

Bagaimana bisa?

Jadi, pada 1963 Luis Arenas-Pérez (alias Luis Arenas), satu-satunya orang Latin di Burger King Hall of Fame sekaligus presiden dan CEO dari Burger King di Puerto Rico, sempat kebingungan setelah pembukaan restoran Burger King pertama di Carolina, Puerto Rico resmi dibuka. Masalahnya, cetakan untuk roti burger Whopper (ukuran standar) belum tiba dan hal tersebut mengakibatkan mereka tidak bisa membuat burger khas Burger King, Whopper. Namun, Arenas tetap bersikeras untuk menyajikannya kepada pelanggan. Alhasil, ia menggunakan roti hamburger reguler yang tersedia. Karena hasil penjualannya sangat memuaskan, akhirnya Burger King mengadopsi burger Whopper Jr. tersebut dan menyebarkannya di setiap gerai yang ada di seluruh dunia. Kamu pasti tidak menyangka cerita tersebut, kan? Hehe…

Pssttt…. Apakah kamu merasa lapar setelah membaca ulasan mengenai sejarah burger Whopper di atas? Kalau iya, langsung saja pesan burger lezat ini melalui delivery online Burger King! Pilih paket Whopper® Meal seharga Rp49.545 atau Whopper® Jr. Meal seharga Rp39.545? Kamu juga bisa memilih minuman antara air mineral, coke, jasmine tea, lemon tea, fanta atau sprite, lho. Selain itu, kamu juga bisa upgrade paket kamu menjadi ukuran large (untuk kentang dan minuman) seharga Rp6.818 atau minta tambahan topping seperti beef rasher Rp4.091, mushroom sauce Rp5.455, swiss cheese Rp2.727, american cheese Rp4.091, whopper patty Rp22.727. Yuk, pesan Whopper-mu sekarang juga!

* Harga sebelum pajak