Fashion Informasi Kecantikan

4 Alasan Penting Serum Wajah Vitamin C Banyak ‘Digilai’ Kaum Hawa

Buyavana – Saat ini, ada beberapa jenis serum wajah yang bisa dipilih. Tapi, satu yang paling ‘digilai’ kaum hawa adalah serum yang mengandung vitamin C. Kenapa bisa begitu? Bukankah vitamin A dan E juga sama pentingnya untuk kulit wajah? Kalau Anda penasaran, simak alasan-alasan penting berikut.

1. Efektif Menangkal Radikal Bebas

Asam askorbat atau vitamin C populer karena efektivitasnya dalam menangkal efek radikal bebeas (sebagai antioksidan). Jadi, sepadat apapun aktivitas Anda sehari-hari, apalagi di luar ruangan, vitamin C dalam serum ini akan menjadi perisai yang melindungi kulit wajah Anda. Radikal bebas yang paling mengancam biasanya berasal dari sinar UV A dan UV B matahari.

Tapi, ada juga yang berasal dari polusi udara seperti emisi kendaraan dan rokok, serta debu atau kotoran. Jika setiap hari terpapar radikal bebas, lama-lama akan terakumulasi dan berefek pada menggelapnya warna kulit (hiperpigmentasi), jerawat, flek, penuaan dini, serta warna kulit yang tidak merata. Nah, hal ini bisa dihindari dengan serum.

2. Mengoptimalkan Produksi Kolagen

Vitamin C tidak diproduksi dalam tubuh sehingga asupannya hanya bisa diperoleh dari makanan, suplemen, produk skin care seperti serum, dan lainnya. Selain menjaga menyokong pertumbuhan atau kesehatan tulang dan gigi serta meningkatkan kinerja sistem imun, vitamin C juga mengoptimalkan produksi senyawa kolagen.

Jika Anda sering mendengar tentang suntik silikon dan kolagen, senyawa ini juga tentu sudah tidak asing lagi. Tapi, tidak semuanya cocok mendapat asupan kolagen dari luar tubuh sehingga efek samping yang ditimbulkannya membuat orang enggan memilih cara ini untuk mempercantik diri.

Cara alami seperti mengonsumsi vitamin C merupakan plihan yang paling dianjurkan. Optimalnya produksi kolagen karena vitamin C alami bisa membuat kulit wajah lebih elastis, kenyal, dan kencang.

3. Menyamarkan Kerutan dan Garis Halus

Serum wajah dengan kandungan vitamin C tidak akan membuat kulit wajah teriritasi jika persentasenya pas dan sudah melewati uji kelayakan dan keamanan BPOM atau lembaga lainnya yang berwenang. Kulit wajah justru terhindar dari kerutan dan garis halus yang biasanya terlihat jelas di bagian sudut mata, kening, dan sudut mulut.

Garis dan kerutan ini biasanya diakibatkan oleh kulit wajah yang kekurangan nutrisi dan terlihat kering (terkena dehidrasi) dan kaku. Nah, dengan adanya pelembap dan vitamin C dalam serum, kombinasi keduanya membawa pada kecantikan bagai bayi, karena tekstur wajah menjadi lebih kenyal.

Selain menyamarkan kerutan dan garis halus, serum vitamin C juga membuat kulit wajah menjadi lebih halus, putih, dan cerah. Siapa sih, kaum Hawa yang tidak ingin memiliki kulit wajah cantik seperti ini?

4. Bikin Awet Muda

Manfaat inilah yang pastinya paling bikin kaum Hawa ‘tergila-gila’ pada serum untuk wajah. Serum mengandung banyak nutrisi penting sehingga kulita wajah terlihat terawat, cerah, sehat, dan terlihat lebih muda.

Seperti yang diulas pada poin pertama, kandungan vitamin C memicu peningkatan produksi kolagen, senyawa penting untuk membuat kulit terlihat lebih muda. Nah, selain makanan, Anda bisa mendapat asupannya dari serum ini.

Serum wajah vitamin C juga bisa Anda temukan dari merek Kiehl’s, yaitu Powerful-Strength Line-Reducing Concentrate. Kandungan vitamin C-nya jelas lebih tinggi daripada produk serum lainnya. Bahkan, karena terlalu disukai oleh kaum Hawa, minimal 1-2 botol terjual tiap menitnya. Apalagi kini konsentrasinya meningkat dari pertama rilis tahun 2005 sebanyak 10,5%, kini (2018) naik menjadi 12,5%.