Informasi Kecantikan

Jenis Penyakit Tulang Belakang yang Diatasi dr. Wong Chung Chek

Buyavana – Ada banyak penyakit yang terjadi pada tulang belakang dan dapat terjadi pada kalangan orang tua, dewasa, atau pun anak-anak. Anda harus menjaga aktivitas yang dilakukan agar tidak menjadi penyebab timbulnya penyakit tulang belakang. Berikut ini beberapa jenis penyakit tulang belakang yang pernah diatasi oleh dr. Wong Chung Chek.

1. Spondilitis

Spondilitis sebuah penyakit peradangan pada ruas tulang belakang yang secara umum disebabkan kuman tuberkulosis. Peradangan yang terjadi akan merusak badan ruas tulang belakang sampai membuat bentuk tulang agak runcing ke depan. Tekanan yang diterima akan membuat tulang belakang membengkok ke belakang dengan semakin parah.

Penyakit ini sering disebut dengan istilah penyakit kifosis. Penyakit ini jika Anda biarkan saja akan membuat tulang sumsum belakang ikut tergencet sehingga menyebabkan kelumpuhan di kedua kaki dengan rasa kaku (spastik). Anda juga akan mengalami kehilangan rasa pada bagian bawah kedua kaki sampai setinggi daerah saraf tergencet.

2. Skoliosis

Penyakit kedua yang pernah diatasi dr. Wong Chung Chek yang dapat Anda lakukan konsultasi jika menderita penyakit skoliosis ini. Gejala dari penyakit ini dapat terlihat dari adanya perubahan dada, pinggul, dan bahu. Tandanya akan sangat terlihat ketika salah satu pinggul sudah tanpa lebih menonjol. Bisa juga dengan kondisi bahu yang tinggi sebelah.

Gejala lain yang dapat terlihat sebagai tanda skoliosis adalah panjang kaki yang tidak seimbang. Adanya rasa nyeri pada punggung juga menjadi salah satu ciri dari penyakit ini. Rasa nyeri akan semakin parah sehingga mempengaruhi sistem saraf hingga menyebabkan kaki menjadi kebas atau bahkan lemah.

Jika Anda tidak segera melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis tulang belakang, maka akan terjadi kondisi yang semakin buruk. Penyakit ini akan membuat Anda tidak mampu menahan buang air kecil maupun besar dan dapat menyebabkan terjadinya disfungsi ereksi.

3. Lumbar Tulang Belakang

Penyakit tulang belakang berikutnya yang dapat diatasi oleh dokter Wong Chung Chek adalah lumbar tulang belakang. Sebuah penyakit yang berawal dari rasa nyeri pada bagian punggung, jika terus terjadi akan menyebabkan kehausan dan usang. Penyakit ini akan disebut dengan mechanical pain.

Penyakit lumbar tulang belakang terjadi ketika Anda pernah mengalami kejadian traumatik yaitu terjatuh, kecelakaan, atau kondisi kesalahan saat olahraga. Saat Anda melakukan konsultasi penyakit ini dokter spesialis tulang belakang akan langsung memegang bagian pinggang dan punggung bawah untuk pengecekan.

Anda yang memiliki riwayat kecelakaan dan mengalami gangguan sistem pencernaan atau mengalami permasalahan ekskresi kandung kemih. Memiliki kemungkinan lebih besar untuk menderita penyakit lumbar tulang belakang.

Setiap penyakit akan memiliki gejalanya tersendiri sehingga Anda dapat mengetahuinya jika memiliki pengetahuan tersebut. Hindari setiap penyebab yang dapat menimbulkan penyakit tulang belakang. Jika tidak dapat dihindari dan harus mengalaminya segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis tulang belakang untuk penanganan.