Informasi Kuliner

5 Kue Ini Sering Ada di Cake Shop Seputaran Jakarta

Buyavana – Beragam jenis kue dipamerkan melalui rak display di cake shop. Diantara sekian banyak kue, biasanya terdapat beberapa jenis yang ada di hampir seluruh cake shop. Jenis kue yang umum dijual oleh toko-toko cake shop Jakarta diantaranya:

cake shop enak jakarta

1. Sponge cake

Dengan nama sponge, bisa dipastikan bahwa jenis ini memiliki tekstur seperti spons. Rasa sponge cake memang ringan layaknya spons. Sponge cake termasuk ke dalam keluarga foam cake karena teksturnya yang foamy dan mengambang.

Sering disebut dengan kue bolu, rata-rata cake shop di Jakarta menyediakan menu sponge cake. Cake shop umumnya memadukan sponge cake dengan beberapa bahan seperti cheesecake, matcha, hingga thai tea.

2. Pound cake

Jika sponge cake berasal dari keluarga foam cake, maka pound cake termasuk ke dalam butter cake. Beberapa pound cake yang populer di Indonesia adalah brownies dan lapis legit.

Tekstur pound cake lebih berat daripada sponge cake. Tekstur beratnya berasal dari penggunaan mentega pada bahan pembuat kue. Karena itu, rasa pound cake lebih kaya dan dalam dibandingkan sponge cake.

Pound cake sering dijadikan sebagai base kue ulang tahun bertumpuk. Tekstur yang berat dan padat dengan pori-pori sedikit membuatnya lebih stabil ketika berada di bawah sebagai base cake.

3. Chiffon cake

Sekilas kue chiffon cake mirip dengan sponge cake, karena teksturnya sama-sama ringan. Jika diperhatikan dengan seksama, chiffon cake nyatanya lebih ringan dan lembab daripada sponge cake.

Hal tersebut disebabkan oleh perbedaan lemak yang digunakan. Pembuatan sponge cake aslinya memanfaatkan lemak hanya dari kuning telur, sedangkan chiffon cake memerlukan minyak sebagai lemak cair.

4. Cotton cake

Keluarga kue foam berikutnya adalah cotton cake. Kue kapas memiliki tekstur yang paling ringan dan lembut diantara foam cake.

Tekstur ekstra lembut pada cotton cake dihasilkan dari teknik memanggang au bain marie. Dasar dari au bain marie adalah memanggang dengan wadah yang tercelup air (water bath). Selain untuk memanggang cotton cake, teknik au bain marie juga diaplikasikan saat melelehkan cokelat dengan uap air panas.

5. Roll cake

Roll cake merupakan pengembangan bentuk dari sponge cake. Di Indonesia, roll cake punya sebutan bolu gulung, karena bertekstur seperti bolu (sponge cake) namun bentuknya digulung-gulung. Roll cake banyak disediakan di cake shop dengan isian yang bervariasi, dari original, manis, hingga gurih-asin.

Teknik untuk menggulung roll cake agar tidak patah adalah memperhatikan kelenturannya. Usahakan agar proses penggulungan kue dilakukan beberapa detik setelah diangkat dari loyang. Tingkat kelenturan kue sangat mempengaruhi proses penggulungan, karena kue yang teksturnya sudah keras susah untuk dibentuk.

Kelima jenis kue yang disebutkan rata-rata tersedia di cake shop seputaran Jakarta. Sebagai salah satu cake shop enak Jakarta, Clairmont menyediakan kue-kue tersebut dalam bentuk birthday cake maupun versi original.

Variasi lain, Clairmont mempunyai icing print cake, dimana atasan kue ditempeli dengan gambar cetak. Gambar yang akan ditempel disesuaikan dengan keinginan pembeli. Inovasi icing print cake dari Clairmont membuat kue menjadi sangat personal, sehingga cocok menjadi kue ulang tahun maupun perayaan anniversary bersama pasangan.

Selain berbagai kue, Clairmont juga menyediakan hampers dan gift set yang dapat dijadikan bingkisan hari raya Lebaran, Natal, serta hari spesial lainnya. Kunjungi website Clairmont Patisserie di ClairmontCake.co.id untuk mendapatkan penawaran spesial.