Otomotif Tips dan Trik

5 Tips Mudah Perawatan Mesin Mobil untuk Pemula

Buyavana – Salah satu faktor penting yang menentukan besaran premi asuransi mobil Anda adalah kondisi kendaraan secara keseluruhan. Artinya, kondisi mesin juga akan dipertimbangkan oleh perusahaan pertanggungan, tak terkecuali asuransi kendaraan terbaik di Indonesia. Oleh karena itu, penting bagi Anda yang baru saja punya mobil untuk merawat kendaraan Anda dengan baik sedini mungkin.

Untuk memandu Anda dalam merawat mobil, berikut adalah 5 tips mudahnya.

asuransi kendaraan terbaik di Indonesia

1. Cek oli mesin

Ketahuilah bahwa oli mobil Anda perlu diganti setiap 5.000-10.000 km agar kinerja mesin tetap optimal. Lalu, bagaimana cara tepatuntuk tahu kalau oli mobil sudah perlu diganti? Mudah kok; cukup teteskan sedikit oli di tangan, lalu rasakan dengan jari apakah ada serpihan-serpihan halus pada tetesan tersebut. Apabila terasa ada serpihan maupun kotoran, artinya oli sudah harus diganti.

2. Pastikan kinerja kopling normal

Bila Anda memiliki mobil manual, Anda wajib cek apakah kampas kopling sudah aus atau belum. Sebab, kampas kopling yang mulai aus akan membuat perpindahan gigi terasa berat sehingga kenyamanan Anda saat berkendara pun terganggu. Indikator lain yang perlu Anda cermati adalah persneling yang terasa sulit ketika dipindahkan.

3. Isi air radiator yang cukup

Fungsi air radiator adalah untuk mendinginkan mesin ketika sedang bekerja. Jadi, air radiator bisa bantu cegah kerusakan mesin karena overheat/kepanasan. Jadi, pastikan Anda isi air dalam tabung radiator secara teratur dan dalam jumlah yang cukup. Anda pun perlu isi ulang air di dalam tabung air wiper dengan air bersih, terutama jika Anda menggunakan air wiper dengan cukup sering.

4. Cek kabel dan lampu kendaraan

Fungsi utama lampu kendaraan adalah untuk keselamatan Anda serta para pengguna jalan lainnya selama Anda berkendara. Oleh karena itu, selalu pastikan bahwa lampu kendaraan berfungsi dengan normal, dan cek kondisi kabelnya. Pasalnya, tak jarang kabel kendaraan mengendur seiring dengan berjalannya waktu, atau bahkan putus. Selain itu, pastikan juga bahwa lampu kendaraan Anda menyala dengan semestinya, alias tidak redup.

5. Rawat aki kendaraan

Cara termudah untuk merawat aki mobil adalah memastikan bahwa air aki tepat berada pada level yang semestinya, yaitu berada di antara garis batas penanda. Anda juga bisa cek kondisi aki dengan menggunakan voltmeter untuk mengukur seberapa besar tegangan aki. Apabila Anda meragukan kondisi aki mobil, sebaiknya Anda bawa kendaraan ke bengkel profesional dan tepercaya agar kondisi aki kendaraan Anda bisa dicek langsung oleh teknisi yang berpengalaman.

Itulah 5 tips penting perawatan mobil yang perlu Anda perhatikan sebagai pemula. Di samping itu, jangan lupa untuk mengecek aspek lain yang tak kalah pentingnya, seperti kondisi karet wiper dan ban, ya!