Fashion Informasi Lifestyle

Asics Menjadi Sepatu Lari Terbaik Yang Memiliki Banyak Kelebihan Bagi Para Pelari

Buyavana – Salah satu jenis olahraga lari yang sangat banyak digemari adalah trail running. Trail running sendiri merupakan olahraga lari dengan lintasan di alam bebas yang berbukit-bukit dan bukan di jalan beraspal. Olahraga ini sangat memerlukan sepatu dengan sol khusus yang berciri waterproof, yang menggunakan sol tebal, dan juga berukuran lebih lebar. Bagi pemula yang baru ingin mencoba trail running biasanya akan kebingungan saat memilih sepatu. Oleh sebab itu, kali ini akan dibahas bagi anda cara memilih sepatu trail running terbaik. Berikut ini cara memilih Trail Running Shoes yang sangat cocok bagi anda Para Pemula.

asics

Cara memilih trail running shoes

Dalam memakai sepatu lari atau Running Shoes terutama trail running, Maka sangat penting untuk memilih sepatu yang pas untuk Anda. Namun, pertanyaannya adalah bagaimana Anda tahu sepatu tersebut cocok untuk Anda? Di bagian ini, kami akan menjelaskan cara memilihnya dengan lebih detail.

Pilih ukuran lebih besar 1,5 cm dari ukuran kaki Anda

Saat Anda membeli trail running shoes, Maka pilihlah yang ukurannya sedikit lebih besar dari ukuran sepatu Anda sehari-hari. Kira-kira yang memiliki ukuran sepatu trail running harus lebih besar 1,5 cm dari ukuran kaki Anda sendiri. Jalur trail running tidak hanya selalu menanjak, tetapi juga ada turunan atau downhill. Saat Anda berlari turun, postur tubuh Anda akan bertumpu ke depan sehingga lebih menekan bagian depan kaki. Untuk mencegah jari kaki terlalu menekan ke ujung sepatu yang dapat menyebabkan sakit, Anda perlu memberi ruang lebih pada sepatu.

asics

Cobalah sepatu sambil memakai kaos kaki yang tebal

Saat memilih sepatu trail running, pastikan Anda mengenakan kaos kaki yang tebal. Kaos kaki untuk jenis trail running biasanya lebih tebal daripada kaos kaki lainnya. Ketebalan kaos kakinya sendiri akan memengaruhi kenyamanan dan kecocokan Anda dengan sepatu trail running yang dipilih. Jadi, gunakanlah kaos kaki yang biasanya Anda kenakan saat trail running sehingga tidak salah pilih. Jika Anda tidak membawa kaos kaki, cobalah pinjam ke penjual di toko tempat Anda membeli. Bahkan, jika Anda menyukai kaos kaki yang Anda kenakan saat mencoba sepatu, Anda bisa membelinya sekalian.

Putar sepatu untuk mengecek lebar sepatu

Selain ukuran panjang sepatu, penting juga untuk memperhatikan lebarnya. Olahraga trail running sendiri memerlukan banyak variasi footstep karena medannya juga bervariasi. Oleh karena itu, gerakan kaki ke arah samping juga kadang dibutuhkan sehingga Anda memerlukan sepatu yang lebih lebar. Untuk mengeceknya, cobalah lakukan gerakan seperti ingin memadamkan rokok dengan kaki. Rasakan kenyamanan kaki Anda saat melakukan gerakan tersebut. Kemudian, pilihlah yang terasa nyaman dan tidak sempit.

Periksa daya cengkeram outsole dan ketahanannya

Kondisi jalan yang sangat beragam merupakan hal lumrah saat Anda trail running. Ada yang sedikit beraspal, berbatu, tanah licin, lumpur, dan banyak lagi. Anda harus menjaga agar kaki tetap stabil dan tidak terpeleset di jalur seperti itu. Trail running shoes yang Anda kenakan harus memiliki daya cengkeram yang bagus untuk segala medan. Untuk memastikan daya cengkeramnya, Anda perlu memperhatikan outsole-nya. Bagian outsole sepatu untuk trail running sendiri dilengkapi gigi-gigi atau stud. Semakin tinggi giginya maka daya cengkeramnya semakin kuat, Akan tetapi Anda akan lebih kesulitan saat berjalan biasa. Sementara untuk Jenis outsole dengan gigi yang lebih pendek membuat Anda bisa berlari dengan lebih cepat di trek datar. Jika Anda ingin memilih sebuah sepatu trail running yang tahan lama, Maka pilihlah yang gigi di bagian outsole-nya rendah. Sepatu trail running yang memiliki gigi yang tinggi biasanya tidak terlalu awet untuk digunakan dalam waktu lama.

Perhatikan ketebalan dan kenyamanan solnya

Dalam memilih sepatu trail running, Anda akan merasakan keempukan dan kenyamanan dari sepatu tersebut. Kedua hal ini dipengaruhi oleh ketebalan sol di bagian tumit. Sepatu yang bersol tebal akan empuk dan mengurangi beban Anda saat menumpu kaki ke tanah. Sepatu jenis ini cocok untuk pemula yang belum terbiasa dengan medan perbukitan. Di sisi lain dari sepatu trail running yang lebih tipis membuat Anda lebih bisa merasakan pijakan kaki di permukaan. Hal ini membuat Anda bisa berlari dengan lebih natural dan cepat. Seiring dengan bertambahnya jam terbang Anda di dunia trail running, mungkin Anda akan lebih suka sepatu yang memiliki sol tipis. Tujuannya tentu untuk mempercepat torehan waktu Anda.

Pilih desain sepatu model low cut

Saat trail running maka kaki akan selalu bergerak menyesuaikan diri dengan kondisi jalur yang dilalui. Pergelangan kaki akan bergerak dan berputar sesuai tanah yang dipijak. Pilihlah trail running shoes yang memiliki desain low cut sehingga tidak mengganggu pergerakan pergelangan kaki. Selain itu, usahakan untuk tidak menggunakan kekuatan berlebih saat menggerakkan kaki agar kaki Anda terhindar dari risiko cedera.

Perhatikan kelebihan lain yang dimiliki sepatu

Hal-hal yang tercantum di atas yang merupakan pertimbangan utama dalam memilih trail running shoes. Di samping itu, sepatu yang memiliki kelebihan lainnya tentu akan menjadi nilai plus dari sepatu lari Anda.

Pilih sepatu berbahan Gore – Tex atau sejenisnya yang waterproof

Dalam trail running sendiri, akan selalu ada kemungkinan Anda akan menghadapi hujan atau tanah yang becek dan berlumpur. Mungkin juga Anda melalui sungai kecil dan dangkal pada jalur lari Anda. Trail running shoes dimumpuni dengan fitur waterproof merupakan sepatu yang tepat untuk kondisi tersebut. Anda bisa memilih bahan Gore-Tex atau sejenisnya yang waterproof. Periksalah di bagian label atau deskripsi produk untuk mencari tahu bahan sepatu yang ingin Anda pilih. Di Indonesia sendiri faktanya masih cukup jarang ditemui sepatu untuk trail running yang berbahan waterproof.

Pilih sepatu berbobot ringan untuk lintasan jarak jauh

Meskipun disebut sepatu lightweight model, perbedaannya dengan sepatu biasa umumnya hanya beberapa puluh gram. Sedikit perbedaan tersebut berpengaruh besar terhadap performa lari Anda, terutama pada lintasan jarak jauh. Jika Anda hanya lari beberapa kilometer, mungkin perbedaan efeknya tidak terlalu terasa. Namun, ketika Anda lari puluhan kilometer, sepatu yang ringan akan mengurangi beban pada kaki Anda. Perlu Anda ingat bahwa sepatu yang berbobot ringan biasanya tidak memiliki gigi-gigi outsole yang tinggi. Dengan begitu mungkin saja daya cengkeramnya yang kurang kuat sehingga Anda perlu memastikan performa sepatu tersebut.

Asics Menjadi Sepatu Lari Terbaik

asics

Jika dibandingkan dengan sepatu merk lainnya memang merk Asics lebih mengandalkan dalam hal performa ketika digunakan dan tidak terlalu fokus pada desain atau penampilan. Meskipun begitu merk Asics sering sekali melakukan berbagai perubahan pada setiap tahunnya, inilah yang menjadikan cukup baik dikalangan atlit pelari. Merk Asics memang lebih fokus menghadirkan sepatu yang support bagus, nyaman digunakan, dan mempunyai daya tahan lebih lama ketika digunakan dalam berbagai aktivitas setiap harinya.