Informasi Kesehatan Parenting

Berapakah Biaya Pemeriksaan Kehamilan dengan USG 4 Dimensi?

Buyavana – Di zaman yang serba mutakhir ini, ada banyak sekali alat-alat pemeriksaan kesehatan yang canggih. Mulai dari alat pemeriksaan bakteri penyakit hingga melihat sesuatu yang tak kasat mata. Salah satu hasil dari kecanggihan tersebut adalah USG atau ultrasonografi. USG atau Ultrasonografi adalah prosedur pencitraan menggunakan teknologi gelombang suara yang berfrekuensi tinggi untuk memproduksi gambar tubuh bagian dalam, seperti janin.

USG sering digunakan untuk mendiagnosis penyakit, memonitor kondisi janin, dan membantu proses pembedahan atau tindakan tertentu seperti pengambilan sampel jaringan (biopsi). Seiring dengan perkembangan teknologi, alat USG juga mengalami kemajuan, saat ini alat USG sudah mengalami peningkatan menjadi 3 Dimensi dan 4 Dimensi dengan gambar yang lebih detail.

usg

Mengenal USG 4 Dimensi

USG 4 Dimensi didesain untuk melihat gambar dengan lebih detail sehingga memudahkan dokter mengidentifikasi setiap masalah pada kandungan pasien. Dengan USG 4 Dimensi, Anda bisa melihat kulit bayi, bentuk mulut dan hidung, serta pergerakan di dalam rahim. USG 4 Dimensi juga dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang kelainan dalam rahim agar mudah dikenali. Karena informasi yang lebih detail, USG 4 Dimensi juga dapat mendeteksi bibir sumbing dengan cepat, kelainan bawaan lainnya pada janin dan membantu dokter untuk merencanakan penanganan pasca persalinan.

Selain beberapa hal tadi, USG 4 Dimensi juga memberikan beberapa manfaat, diantaranya:

  • Menentukan umur kehamilan
  • Mendeteksi adanya kelainan pada rahim ibu atau organ dalam lainnya yang berkaitan dengan kehamilan
  • Melihat aliran atau arus pembuluh darah janin
  • Mendeteksi masalah pada janin lebih akurat

Berapakah Biaya USG 4 Dimensi?

Biaya yang dipatok oleh rumah sakit sangatlah bervariasi. Dengan teknologi canggih dan kelebihan yang ditawarkan, Anda perlu mengocek kantong lebih mahal dibandingkan dengan pemeriksaan USG 2 Dimensi atau 3 Dimensi. Berdasarkan harga dilapangan, rata-rata klinik kehamilan atau rumah sakit bersalin wilayah Jakarta memasang tarif  sekitar Rp 300.000 per pemeriksaan. Adapun kelebihan lainnya, seperti CD, foto, dan biaya konsultasi jika mengeluarkan uang hingga Rp. 600.000. Tapi tidak perlu khawatir, karena beda klinik beda pula harga. Di Jakarta, masih ada beberapa klinik yang menawarkan harga USG 4 Dimensi sebesar Rp. 100.000 hingga Rp. 200.000 saja. Lebih murah bukan?

Tips Menghemat Pengeluaran Biaya USG 4 Dimensi

 Tidak semua ibu hamil memiliki kemampuan dalam membayar pemeriksaan USG 4 Dimensi. Untuk itu, Anda perlu melakukan beberapa tips agar tidak membebani keluarga. Berikut beberapa tips yang dapat dipertimbangkan:

  • Survei biaya USG 4 Dimensi di beberapa rumah sakit atau klinik terdekat baik via website, telfon, atau langsung ke lokasi.
  • Tanyakan dengan jelas tentang benefit yang didapatkan dengan biaya tersebut.
  • Apabila terdapat biaya tambahan, tanyakan kisaran besar biaya tambahan tersebut.
  • Lakukan perbandingan harga sebelum memutuskan
  • Pertimbangkan harga dan kualitas serta reputasi dari klinik dan dokter yang akan memeriksa

 Nah, tips di atas dapat membantu Anda untuk memutuskan dimana dan besaran biaya yang akan dikeluarkan saat USG 4 Dimensi dengan kualitas yang baik. Pastikan juga untuk konsultasi dengan dokter terpercaya agara kondisi ibu dan bayi sehat.