Asuransi Informasi Kesehatan

Cara Klaim Asuransi Penyakit Kritis Cepat dan Mudah

Buyavana – Terdaftarnya anggota keluarga sebagai salah satu nasabah tetap sebuah asuransi akan sangat terasa manfaatnya apabila kondisi kesehatan sedang bermasalah. Bila Anda salah satu dari orang yang sedang mencari cara klaim asuransi penyakit kritis dengan cepat dan mudah dilakukan, berikut langkah-langkahnya.

asuransi penyakit kritis

Proses Klaim Secara Umum

Tahap pertama yang harus dilakukan untuk mendapatkan polis asuransi adalah mengisi formulir yang berkaitan dengan klaim yang akan diajukan. Formulir tersebut harus diisi oleh pemegang polis dengan tanda tangan yang sama yang terdapat di dalam polis. Selain itu keterangan yang ditulis pun harus lengkap dan jelas agar proses verifikasi berjalan dengan cepat.

Setelah itu Anda perlu menyiapkan berbagai dokumen yang berkaitan dengan penyakit yang sedang diderita. Data-data tersebut seperti surat keterangan sakit dari dokter, kwitansi pembayaran asli, hasil lab, hasil rekam medis selama menjalani pengobatan, serta kwitansi lain seperti kwitansi obat yang harus dikonsumsi untuk mempercepat proses penyembuhan.

Semua data tersebut dijadikan satu dengan formulit yang telah diisi untuk kemudian diserahkan kepada petugas Prudential. Kemudian pihak asuransi akan melakukan verifikasi dan   validasi terhadap kebenaran data yang telah diserahkan. Petugas bisa menghubungi dokter yang bertugas untuk memastikan data yang tertulis tersebut benar adanya.

Apabila proses verifikasi serta validasi berjalan dengan lancar, maka Anda hanya perlu menunggu uang asuransi ditransfer menuju rekening yang telah tertulis di dalam polis. Lamanya proses ini bergantung pada banyaknya orang yang juga melakukan pengajuan klaim asuransi. Untuk mencegah kehabisan waktu, lakukan klaim asuransi segera setelah penyakit melanda.

Klaim Penyakit Kritis

Pada dasarnya syarat dan ketentuan yang harus Anda penuhi sebelum mengajukan klaim penyakit kritis sama dengan proses klaim pada umumnya. Hanya saja surat formulir yang digunakan berupa formulir penyakit kritis. Ditambah dengan fotokopi seluruh hasil pemeriksaan yang dilakukan selama masa pengobatan terjadi.

Daftar Asuransi Penyakit Kritis

Penyakit jantung, pembedahan arteri koronaia, operasi katup jantung, stroke, kanker, gagal ginjal, operasi pembuluh darah aorta, transplantasi organ penting, penyakit Parkinson, koma, tuli, Alzheimer, tumor otak jinak, sakit paru kronik, motor neuron disease, multiple sclerosis, kehilangan kemampuan bicara, luka bakar dan angioplasti untuk penyakit jantung koroner.

Selain itu penyakit anemia aplastic, meningitis bakterial, kolitis ulseratif, Disabling Primary Pulmonary Hypertension, ensefalitis, hepatitis, penyakit hati kronis, penyakit Chron, trauma kepala serius, distrofi muscular, kelainan pembuluh darah Koroner serius, kelumpuhan, poliomyelitis, lupus, serta HIV yang didapat melalui tranfusi darah.

Demikian cara-cara yang harus Anda tempuh untuk mendapatkan klaim asuransi penyakit kritis dengan cepat dan mudah serta daftar penyakit yang dikategorikan dalam kondisi kritis. Selain membayar polis dengan patuh dan tepat waktu, klaim asuransi yang dilakukan dalam waktu yang tepat dan tidak terlalu lama dari diagnosis dokter akan diproses lebih cepat.