Informasi Kesehatan Kuliner

Kandungan dan Manfaat Cokelat Dalam Martabak Rasa Cokelat Rasa Terbaik bagi Kesehatan

Buyavana – Menikmati martabak rasa cokelat rasa terbaik pasti disukai semua kalangan mulai anak-anak hingga dewasa. Banyak orang enggan mengkonsumsi martabak rasa cokelat karena takut dengan jumlah kalori yang bikin gemuk. Asal cokelat dikonsumsi sewajarnya saja, kenapa tidak? Toh, ada banyak kandungan dalam cokelat yang bermanfaat bagi kesehatan.

Martabak Rasa Cokelat Rasa Terbaik

Kandungan cokelat yang bermanfaat bagi kesehatan

Dark chocholate atau cokelat hitam merupakan jenis cokelat yang paling direkomendasikan. Biji cokelat dari pohon kakao ini mengandung banyak sekali flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan yang cukup tinggi bisa menangkal pengaruh radikal bebas yang membahayakan kesehatan. Flavonoid ini juga mengatur penyerapan karbohidrat pada sistem pencernaan, menjaga fungsi sel beta pankreas dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Selain flavonoid, berikut kandungan cokelat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

  1. Cokelat mengandung magnesium, zat tembaga, kalium dan kalsium yang baik bagi kesehatan pembuluh darah. Pada cokelat hitam terdapat sekitar 36 mg setiap 100 kalori penyajian yang bermanfaat untuk sintesis protein, relaksasi otot dan menghasilkan energi bagi tubuh. Mengkonsumsi martabak rasa cokelat rasa terbaik bisa menjadi asupan energi harian Anda lho!
  2. Cokelat mengandung zat tembaga yang berguna untuk menjaga metabolisme glukosa, pemindahan zat besi pada tubuh, membantu pertumbuhan dan perkembangan otak anak-anak. Jangan heran kalau anak-anak bakal suka dengan kuliner yang disertai topping aneka cokelat.
  3. Cokelat mengandung kalium yang berfungsi mengurangi risiko hipertensi serta polifenol yang bisa menurunkan kadar tekanan darah.
  4. Antioksidan pada cokelat juga ampuh menekan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung.
  5. Cokelat juga mengandung kafein yang masih lebih rendah dibandingkan kafein kopi sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat segar dan terjaga.

Mengkonsumsi camilan berbasis cokelat seperti martabak bisa menjadi pilihan kudapan bersama keluarga tercinta. Martabak dengan bahan pendukung cokelat bisa menjadi camilan yang menyehatkan asal dikonsumsi sewajarnya saja. Mengkonsumsi segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik bagi kesehatan, bukan?

Mengenal jenis cokelat yang bernutrisi

Ada tiga golongan cokelat yang biasa dijadikan bahan tambahan membuat aneka makanan atau minuman yang menggoda selera. Cokelat hitam, cokelat putih dan cokelat susu memiliki komposisi yang berbeda. Jenis cokelat hitam mengandung lemak sekitar 28 persen sedangkan cokelat putih sekitar 30,9 persen namun memiliki kandungan protein lebih tinggi dibandingkan cokelat lain.

Sedangkan jenis cokelat susu merupakan pilihan yang kurang tepat untuk Anda yang ingin menikmati camilan sehat. Ya, cokelat susu merupakan jenis cokelat yang terbuat dari cokelat dengan tambahan susu dan gula sehingga memberikan tekstur rasa lebih manis. Pilih jenis cokelat yang tidak menggunakan dutch proses atau bubuk kakao dicampur dengan potassium karbonat untuk menghilangkan sifat asam pada cokelat alami tersebut.

Anda bisa memilih jenis cokelat yang hendak dikonsumsi sesuai kebutuhan. Tentu mengkonsumsi cokelat tidak bisa dikatakan sehat sepenuhnya. Anda harus memperhatikan bahan utama makanan yang menggunakan cokelat sebagai bahan utama. Pastikan kandungan kalori dan glukosa yang Anda konsumsi dalam tahap wajar agar tidak menimbulkan dampak negatif seperti peningkatan kadar gula darah pada penderita diabetes mellitus tipe 2.

Yuk, konsumsi cokelat untuk mendapatkan nutrisi yang tersembunyi! Kalau Anda sedang galau, sebaiknya pilih camilan yang mengandung cokelat agar bisa menimbulkan rasa bahagia. Pesan saja sekotak martabak rasa cokelat rasa terbaik sebagai kuliner enak saat berkumpul bersama orang-orang tercinta Anda. Ngemil sehat tanpa takut gemuk, bisa kok