Informasi Lifestyle Otomotif

Kenapa Sebaiknya Ganti Oli Transmisi Secara Rutin?

Buyavana – Oli adalah komponen yang sangat penting bagi kendaraan, fungsi dari oli adalah sebagai pelumas dari mesin, apabila mesin tidak diberi pelumas maka akan cepat rusak jika terjadi gesekan antar mesin. Bagi Anda pemilik kendaraan harus tahu bahwa bukan hanya wajib mengganti oli mesin secara rutin saja, namun juga harus rutin mengganti oli transmisi pada kendaraan.

Oli transmisi berfungsi sebagai pelumas transmisi gigi kendaraan dan mendinginkan komponen-komponen transmisi pada mobil. Untuk mobil yang menggunakan transmisi manual harus rutin mengganti oli transmisinya karena berbeda seperti kendaraan yang menggunakan transmisi automatic. Kendaraan dengan transmisi automatic tidak perlu mengganti oli transmisinya karena sudah disegel untuk pemakaian seumur hidup.

oli transmisi

Mengganti Oli Transmisi Secara Rutin

Pada saat kapan oli harus segera diganti? Penggantian oli dilakukan jika sudah mulai muncul gejala-gejala seperti mobil akan terasa lebih berat daripada biasanya saat sedang berjalan, terdapat bunyi yang aneh yang terdengar dari transmisi. Selain itu saat Anda merasa kesulitan saat mengoper gigi mobil, nah hal ini adalah salah satu pertanda bahwa Anda harus segera mengganti oli transmisinya.

Berikut ini adalah pentingnya mengganti oli transmisi secara rutin :

1. Menjaga komponen mesin

Dengan rajin mengganti oli maka kinerja mesin akan semakin meningkat, gesekan antar mesin akan semakin lancar tanpa tersendat jika Anda rajin merawatnya. Ini pastinya akan menguntungkan Anda karena membuat mesin menjadi lebih awet.

Sebaliknya jika Anda tidak pernah mengganti oli kendaraan maka oli tersebut akan menjadi hitam pekat dan kental sehingga akan menurunkan kualitas kerja dari oli itu sendiri, contohnya yaitu apabila keluar asap hitam dari kendaraan, berarti Anda harus segera mengganti oli.

2. Mencegah debu/kotoran terkontaminasi pada mesin

Jika Anda tidak rajin mengganti oli transmisinya maka akan membuatnya menjadi sangat kotor dan mengental. Kalau hal tersebut sampai terjadi akan membuat kerusakan pada komponen bagian dalam transmisi. Apabila dibiarkan maka kotoran dan debu akan terkumpul dan membuat komponen mesin menjadi lecet karena gesekan yang kasar.

3. Mencegah terjadinya turun mesin

Salah satu penyebab kendaraan mudah mogok adalah tidak pernah mengganti oli transmisinya. Mogok terjadi karena komponen logam dalam mesin yang apabila tidak diberi pelumas atau oli akan membuat gesekan semakin kesat dan kasar. Nah Anda pastinya tidak mau bukan perjalananmu terganggu karena mobil yang tiba-tiba mogok ditengah jalan?

Oleh karena itu penting sekali mengganti oli transmisi secara berkala agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat Anda sedang di perjalanan. Karena semua perlu dirawat, apabila kendaraan tidak dirawat juga akan menyebabkan cepat rusak. Apalagi untuk oli yang fungsinya adalah pelumas dari mesin, bila mesinnya rusak maka otomatis kendaraan juga akan rusak.