Informasi Travel Wisata

Kilas Balik Momen Mudik ke Surabaya Dengan Cobain Kereta Api Sancaka

Buyavana – Sejak kuliah di UGM hingga kini aku bekerja di perusahaan Agency di Daerah Istimewa Yogyakarta, aku selalu menaiki kereta api sebagai moda transportasi pilihan saat mudik ke Surabaya. Selain untuk mengejar ketepatan waktu, kereta api sangat aku sukai karena kereta api merupakan moda transportasi yang saat ini menawarkan kenyamanan dan keamanan terbaik.

Untuk perjalanan Yogyakarta-Surabaya, aku memilih kereta api Sancaka karena beberapa hal yang kusukai dari kereta api ini. Kereta Api Sancaka sendiri kini memiliki 2 macam gerbong yaitu Eksekutif dan Ekonomi AC. Berikut cerita pengalamanku saat menaiki kereta api sancaka eksekutif. Pemesanan tiket kereta api Sancaka biasanya aku lakukan di aplikasi Traveloka. Selain karena pemesanan tiket di aplikasi ini mudah dan membuatku tidak perlu mengantri di loket, aku juga suka dengan kemudahan yang ada pada fitur-fitur yang ditawarkan Traveloka. Cukup dengan beberapa klik saja, aku sudah bisa memesan tiket kereta api sancaka dengan jadwal yang aku inginkan.

Cobain Kereta Sancaka

Pada hari H, aku pergi ke stasiun dengan menggunakan motor dan ku titipkan di stasiun selama 3 hari kedepan. Orang-orang yang ingin mudik dengan kereta api biasa menitipkan sepeda motornya berhari-hari, bahkan di suatu kondisi ada yang menitipkan sepeda motornya hingga berbulan-bulan. Sesampainya di Stasiun Yogyakarta atau yang seringkali disebut dengan stasiun Tugu, aku langsung menuju ke pencetakan tiket kereta (boarding pass). Sistem ini sudah digunakan oleh PT. KAI beberapa tahun belakangan. Sistem ini sangat tepat mengingat saat hampir semua orang memilih memesan tiket via online.  Di stasiun kita sudah tidak perlu lagi mengantri untuk memesan tiket. Kita hanya diharuskan untuk mencetak tiket asli di pencetakan boarding pas dengan waktu kurang dari 5 menit.

Setelah itu aku langsung menuju ke gate yang ruang tunggu yang dijaga oleh beberapa petugas stasiun yang siap memeriksa data kita. Kutunjukkan boarding pass yang baru saja kucetak dan juga KTP-ku, kemudian petugas mencocokkan data yang ada pada 2 dokumen tersebut dan aku diperbolehkan masuk menuju ruang tunggu yang ada di pinggir rel-rel stasiun. Karena kereta api Sancaka merupakan sebuah kereta api campuran yang diisi dengan beberapa gerbong ekonomi AC dan beberapa gerbong eksekutif, maka jadwal keduanya bersamaan. Sekarang saatnya cobain kereta api Sancaka ini!

Aku duduk di kursi tunggu menikmati kondisi stasiun yang sangat bersih, sambil menyimak pengumuman kapan kedatangan kereta Sancaka melalui loudspeaker. Uniknya, di Stasiun Tugu ini pengumuman dilakukan menggunakan 3 bahasa yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Jawa.

Beberapa waktu setelahnya aku mendengar pengumuman bahwa kereta api Sancaka tujuan Surabaya akan segera datang dalam waktu beberapa menit. Para penumpang diminta bersiap.

Kereta Api yang akan aku tumpangi merupakan kereta api Sancaka Sore 86. Kereta api yang dikelola DAOP VI Yogyakarta dan termasuk dalam lokomotif 206 ini memiliki 1 lokomotif dan 3 jenis gerbong yakni gerbong eksekutif, gerbong tempat makan, dan gerbong ekonomi AC. Untuk posisi gerbong kereta yang keberangkatannya dari Yogyakarta, posisi  gerbong eksekutif yang berada di persis di belakang lokomotif, kemudian gerbong kereta makan dan gerbong ekonomi berada di paling akhir.

Duduk di dalam gerbong eksekutif kereta api Sancaka, kenyamanan sungguh sangat terasa karena kursi yang disediakan bisa diatur sampai berbaring dan jarak antar kursi pun renggang sehingga kita akan duduk dengan sangat leluasa selama menikmati perjalanan.

Untuk yang hobi tidur sepertiku, kereta eksekutif Sancaka sangat cocok karena menawarkan bantal untuk meletakkan kepala. Selain itu ada pijakan kaki juga yang bisa diatur semau kita, sehingga dengan kereta api Sancaka perjalanan jadi terasa semakin nyaman.

Demikian pengalamanku menaiki kereta api eksekutif Sancaka. Jika kamu ingin melakukan perjalanan rute Yogyakarta-Surabaya, menggunakan kereta api eksekutif Sancaka bisa jadi pilihan terbaik. Untuk pemesanan tiketnya, kamu bisa memesan tiket kereta api Sancaka melalui traveloka.com. Ada banyak sekali penawaran tiket kereta api disana. Tunggu apalagi! Nikmati kemudahan Traveloka, nikmati pula perjalanan berkereta api bersama kereta Api Sancaka!