Family Informasi Kesehatan

Manfaat Utama Menghitung Kehamilan Secara Akurat

Buyavana – Kelahiran buah hati tentu sangat diidam-idamkan, terutama bagi pasangan pengantin baru. Untuk itu, kesehatan kandungan harus dijamin, termasuk dengan mengetahui usia kehamilan agar prosesnya dapat dilewati dengan baik. Menghitung kehamilan sangat membantu pemantauan kesehatan ibu dan janin. Berbagai manfaatnya ini sangat membantu kelancaran proses kehamilan.

buyavana-menghitung kehamilan

1. Mengetahui Kondisi Kesehatan Janin

Kondisi kesehatan janin juga harus dipahami agar setiap tahap kehamilan bisa dipantau dengan baik. Usia kehamilan bisa menjadi pedoman dalam mengetahui kondisi kesehatan janin. anda dapat menghitungnya melalui cara manual atau melakukan serangkaian pemeriksaan medis di dokter kandungan melalui tes USG. Kondisi kesehatan juga dapat langsung diketahui lewat dokter.

Dengan penghitungan usia kehamilan tersebut, kondisi janin bisa diketahui apakah sesuai dengan usianya ataukah tidak. Hal tersebut berkaitan dengan tumbuh kembangnya apakah berjalan secara optimal atau tidak. Hal ini harus diketahui sejak awal masa kehamilan agar proses berikutnya bisa dioptimalkan kembali.

2. Mengetahui Risiko Kehamilan Sejak Dini

Selain mengetahui kondisi kesehatan janin berdasarkan penghitungan usia kehamilan, tentunya Anda juga mampu menurunkan risiko kehamilan. Dengan mengetahui usia kehamilan, diharapkan bisa mengetahui risiko kehamilan sejak dini jika memang terdapat risiko tersebut. Anda dapat mengatasinya sejak dini berdasarkan saran yang terbaik dari dokter kandungan.

Risiko kehamilan yang diketahui sejak dini tersebut sangat menguntungkan bagi penanganan berikutnya. Langkah antisipasi dapat dilakukan dengan lebih baik. Anda akan mampu menjaga kehamilan dengan baik sesuai kondisi yang ada. Janin yang ada di dalam kandungan bisa ditangani dengan baik jika risikonya bisa diketahui sejak awal. Kesehatan ibu juga bisa dioptimalkan.

3. Mampu Memberikan Nutrisi yang Tepat

Menghitung kehamilan juga erat kaitannya dengan kesehatan ibu dan janin. Ketepatan pemberian nutrisi dapat diwujudkan jika mengetahui usia kehamilan dengan tepat. Penghitungan usia kehamilan dengan metode yang tepat akan mendukung pemberian nutrisi yang tepat sesuai tahapan kehamilan. Penuhilah kebutuhan nutrisi yang lengkap dan sesuai porsi agar kesehatan terjamin.

Untuk memberikan nutrisi yang tepat bagi ibu hamil, hendaknya Anda mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna. Penuhilah kebutuhan nutrisi tersebut sesuai porsi dan tepat waktu. Makanlah tiga kali sehari di waktu yang tepat agar kebutuhan nutrisi cepat terpenuhi dan tidak menimbulkan risiko kesehatan lain karena telat makan, seperti asam lambung.

4. Mampu Memilih Aktivitas yang Sesuai

Ibu hamil juga tetap diperbolehkan untuk beraktivitas, hanya saja dikurangi dalam beberapa masa tertentu ketika mengalami rasa lelah, lemas, dan sebagainya. Dalam keadaan hamil, justru Anda dianjurkan untuk tetap beraktivitas demi menjaga tubuh tetap aktif.

Kemampuan motorik janin juga ikut berkembang karena ibu melakukan aktivitas rutin. Meski demikian, lakukanlah aktivitas yang sesuai. Dengan mengetahui usia kehamilan sejak awal, penyesuaian aktivitas dengan usia kehamilan bisa lebih tepat.

5. Mengetahui HPL

Sudah tahukah Anda apa itu HPL? HPL (Hari Perkiraan Lahir) adalah hasil dari penghitungan usia kehamilan. Dengan penghitungan usia kehamilan yang tepat, Anda akan mendapatkan hasil HPL yang tepat untuk mempersiapkan keperluan terkait kelahiran buah hati.

Anda dapat mempunyai kesempatan lebih untuk mengoptimalkan persiapan kebutuhan bayi baru lahir, mempersiapkan dana kelahiran, dan yang terpenting adalah mental bagi ibu untuk melahirkan. Semua persiapan tersebut akan berjalan lancar apabila dilakukan jauh-jauh hari sebelum HPL tiba.

Adanya berbagai manfaat tersebut sangat mendukung kelancaran kehamilan hingga persalinan nanti. Anda bisa menghitung kehamilan menggunakan cara yang paling akurat untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut. Setiap tahap kehamilan akan terjamin apabila diketahui usia kehamilan dnegan akurat. Anda akan lebih mudah mempersiapkan segala sesuatunya.