Informasi Lifestyle Parenting

Memberikan Les Gambar Anak, Ketahui Pesan Tersembunyi Dari Gambar Anak-Anak

Buyavana – Buat orang tua yang memberikan les gambar pada anak, pasti sering melihat hasil karyanya. Terkadang kita penasaran dengan maksud dari gambar anak tersebut. Karena terkadang anak sering menggambar gambar abstrak yang sulit untuk dipahami. Menggambar merupakan kegiatan yang memberikan berbagai manfaat buat anak. Bisa meningkatkan kemampuan motorik dan kreativitas anak. Berikut ini beberapa gambar anak yang memiliki pesan tersembunyi.

les gambar

Monster

Monster menjadi salah satu gambar yang paling sering digambar oleh anak-anak. Jika anak menggambar ini, berarti dia berharap untuk bisa jadi sosok kuat. Namun disisi lain, gambar monster juga bisa menandakan masalah kepercayaan diri pada anak. Yang membedakanya, bisa dari instruksi yang diberikan anak. Misalnya anak diminta menggambar manusia. Tapi dia menggambar monster atau hantu, berarti ada pandangan negatif pada dirinya. Tapi bila anak menggambar monster untuk senang-senang, berarti dia ingin terlihat lebih kuat.

Rumah

Hampir sebagian besar anak, pasti suka menggambar rumah. Biasanya rumah menjadi gambar yang dibuat paling awal. Tapi ternyata gambar rumah bisa menjadi pandangan anak terhadap kehidupan rumahnya. Anak yang lahir di rumah yang negatif, akan menggambar sebuah rumah yang menggambarkan hal tersebut. Begitu pula sebaliknya. Anak-anak sering menambahkan detail lainnya, sesuai dengan perkembangan anak. Misalnya menggambar rumah 3 dimensi, menambahkan hiasan di luar rumah dan lainnya. perhatikan ada tidaknya jendela di rumah tersebut, ini bisa menunjukan masalah komunikasi pada anak. Apalagi anak menggambar rumah yang terlihat beda, mungkin ada gambaran lain tentang dirinya.

Matahari

Ada banyak bentuk matahari yang sering digambar anak-anak. Yang kita lihat bisa dari tambahan emosi tersenyum di matahari tersebut. Saat melakukan les anak anda bisa memperhatikan lebih detail. Gambar matahari biasanya menunjukan pandangan positif atau kebahagiaan pada anak. Jika anak menggambar setengah matahari di pojok kertas, artinya anak bermasalah dengan kecemasan atau kekuasaan. Jika matahari mengintip di balik awan, berarti sedang mengalami putus harapan atau depresi.

Pelangi

Anak yang suka menggambar pelangi, yang warna warni memberikan pesan positif. Gambar pelangi menunjukan bahwa anak memiliki pandangan positif mengenai hidupnya. Dia pun bisa tumbuh dengan bahagia. Apalagi dia berani memberikan berbagai pilihan warna yang indah di gambarnya. Jangan berikan patokan pada anak untuk memberikan warna yang berurutan sesuai warna pelangi. Biarkan dia berekpresi sendiri.

Masih banyak gambar yang sering dibuat anak-anak. Seperti keluarga, mewarnai satu warna atau warna warni dan lainya. Tapi penjelasan diatas, tidak bisa dijadikan patokan utama. Karena banyak anak yang menunjukan kreativitas atau imajinasinya saja. oleh karena itu penting untuk memberikan les gambar pda anak. Sehingga anda tahu kondisi psikilogis dan pesan yang diutarakan anak