Informasi Keuangan

Pelajari Langkah Lapor Pajak Online Berikut Ini

Buyavana – Cara lapor pajak online sekarang lebih mudah karena dapat Anda lakukan dimana dan kapan saja. Hal ini disebabkan adanya perkembangan teknologi informasi di zaman modern yang semakin canggih, jadi pelaporan pajak dapat dilakukan secara online. Bahkan Direktorat Jenderal Pajak atau DPJ telah menyediakan akses untuk melakukan pelaporan pajak secara online.

Menggunakan aplikasi e-filing yang merupakan upaya untuk menyempurnakan system administrasi perpajakan di Indonesia dapat mempermudah Anda. Selain itu, ia juga digunakan untuk mendorong masyarakat agar lebih taat menggunakan prosedur online yang lebih mudah. Mungkin ada beberapa orang yang masih belum mengetahui bagaimana cara melakukan pelaporan pajak. Oleh karena itu langsung saja simak informasinya pada ulasan berikut ini.

Cara lapor pajak online

Langkah-langkah Lapor Pajak Online

Sekarang pelaporan pajak secara online dapat Anda lakukan dengan mudah menggunakan aplikasi e-filing. Perlu diingat sebelum membuat akun e-filing Anda harus memiliki EFIN terlebih dahulu. Untuk mempermudah Anda dalam lapor pajak secara online berikut ada beberapa langkah yang harus diperhatikan.

Membuat EFIN

Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah membuat EFIN terlebih dahulu. Dengan cara membuka website pajak.go.id kemudian unduh formulir pengajuan EFIN dan isi formulirnya. Selanjutnya ajukan aktivasi EFIN ke KPP terdekat dengan membawa formulir pengajuan EFIN, KTP serta NPWP asli dan fotokopi. Apabila semua proses sudah selesai nantinya Anda akan mendapatkan kertas yang berisi EFIN dari petugas KPP.

Registrasi Akun di E-filing DJP

Untuk langkah kedua lapor pajak secara online adalah meregistrasi akun di e-filing DJP terlebih dahulu. Dimana Anda bisa mengunjungi website resmi DJP online dengan mengetikkan djponline.pajak.go.id. Kemudian pilih belum registrasi, di sini Anda akan diminta untuk mengisi EFIN, NPWP dan kode keamanan. Jika sudah selesai selanjutnya klik submit, lalu tunggu email masuk untuk mengaktivasi akun Anda.

Lapor Pajak dan Unggah SPT

Selanjutnya merupakan langkah terakhir lapor pajak secara online yaitu Anda akan diminta untuk mengisi laporan secara online dan mengunggah SPT. Dengan cara membuka website DJP online, kemudian login ke akun kamu di DJP online tersebut. Jika sudah selesai Isilah NPWP, password dan kode keamanan. Setelah itu klik e-filing, kemudian klik daftar SPT dan klik buat SPT. Berikutnya akan muncul beberapa pertanyaan untuk menentukan jenis formulir SPT. Di sini Anda dapat memilih mengisi SPT dengan formulir atau dengan pertanyaan panduan.

Kemudian isi semua data yang diperlukan, lalu klik di sini dan Anda akan mendapatkan sebuah kode verifikasi yang dikirimkan ke email. Setelah itu klik kirim SPT dan simpan data yang sudah diisi dengan klik simpan. Apabila proses sudah selesai Anda akan mendapatkan tanda terima sebagai bukti bahwa pelaporan SPT tahunan sudah dilakukan. Sangat mudah bukan?

Cara lapor pajak online tanpa ribet, jadi mulai sekarang jangan sampai terlambat melakukan pelaporan pajak. Sekarang pelaporan sudah semakin mudah saja, apalagi saat ini sudah ada aplikasi digital BukuKas yang dapat Anda gunakan untuk mencatat berbagai laporan keuangan. Hal ini dikarenakan terdapat berbagai fitur yang bisa Anda gunakan, salah satunya mencatat kasbon perusahaan. Tunggu apalagi buruan unduh aplikasi pencatat keuangan (seperti, UKM, kasbon, dll) sekarang juga!!