Informasi Kesehatan

Prosedur Veneer Gigi yang Wajib Diketahui

Buyavana – Veneer gigi merupakan kerangka yang sangat tipis, dibuat secara khusus bagi pasiennya dan sewarna dengan gigi untuk menutupi permukaan gigi tertentu dengan tujuan memperindah tampilan gigi. Veneer ini direkatkan pada gigi bagian depan sehingga tampilan warna, bentuk, ukuran dan lebarnya pun berubah. Veneer gigi terbuat dari porcelain atau resin composite. Namun, veneer dengan bahan porcelain lebih baik dalam menolak noda dibandingkan bahan resin composite. Selain itu, porcelain veneer juga mampu memberikan warna gigi yang lebih natural. Bahan resin composite lebih tipis dan memerlukan sedikit pengikisan pada lapisan atas gigi sebelum veneer dipasang. Banyak orang yang melakukan pemasangan veneer gigi untuk memperindah tampilan gigi mereka. Jika Anda sudah berencana melakukan veneer gigi dalam waktu dekat, ada baiknya Anda mencari tahu dulu prosedur veneer gigi yang harus dilalui.

prosedur veneer gigi

1. Konsultasi dulu dengan dokter gigi

Pemasangan veneer gigi biasanya membutuhkan tiga kali kunjungan dokter gigi, satu hari untuk konsultasi, dan dua hari untuk pembuatan dan pemasangan veneer gigi. Proses veneer dapat dilakukan bersamaan pada pasien yang melakukan veneer untuk lebih dari satu gigi. Saat konsultasi, dokter akan memeriksa kondisi gigi Anda dan menentukan langkah apa saja yang harus diambil. Jika ada masalah lain pada gigi Anda, maka dokter akan melakukan tindakan lain sebelum pemasangan veneer gigi.

2. Menentukan material

Ketika Anda ingin memberikan lapisan veneer pada gigi Anda, ada dua material yang bisa Anda pilih, yaitu komposisi atau porselen. Komposit bersifat direct atau langsung dipasang pada ggimu. Sementara itu, porselen harus diproses dulu pembuatannya di lab sebelum bisa dipasang pada gigi Anda. penentuan material untuk veneer ini juga akan mempengaruhi durasi proses pemasangan veneer. Jika Anda memilih material komposit, Anda bisa langsung melakukan pemasangan veneer pada saat itu juga.

3. Menentukan warna dan jumlah gigi

Banyak orang yang sering salah kaprah soal veneer. Mereka menganggap bahwa lapisan veneer harus dipasang pada semua gigi dan warnanya selalu putih mentereng. Padahal, hal tersebut tidaklah benar. Veneer bisa dilakukan hanya pada satu atau dua gigi yang keadaannya renggang, terlalu banyak tambalan, ataupun terdapat bercak kecoklatan/kehitaman dengan kondisi yang parah. Anda bisa menentukan jumlah gigi yang ingin diveneer maupun warna yang sesuai dengan keinginan Anda.

4. Pemasangan veneer

Sebelum pemasangan veneer, gigi Anda akan dikikis terlebih dahulu, sehingga sebagian permukaan gigi Anda akan hilang dan digantikan oleh veneer yang akan dipasang. Oleh karena itu, Anda tidak boleh memasang veneer di sembarang tempat, percayakan gigi Anda pada dokter gigi yang sudah berpengalaman dan ahli dalam perawatan veneer.

Itulah prosedur pemasangan veneer pada gigi. Pilihlah dokter yang sudah berpengalaman dan ahli dalam urusan veneer gigi. Percayakan dokter gigi Anda pada HonestDocs untuk penawaran paket perawatan gigi dengan harga terjangkau dan terpercaya.