Informasi Kesehatan Lifestyle

Ternyata Inilah Beberapa Bahaya Rokok Elektrik untuk Kesehatan

Tikcode – Rokok elektrik atau vape merupakan salah satu gaya baru untuk merokok. Dimana kebiasaan ini dikenal lebih sehat dibandingkan menghisap rokok secara langsung. Akan tetapi menghisap rokok dari vape ini sendiri masih menjadi kontroversi. Karena tujuan awal dari penggunaan vape adalah untuk menjadi salah satu upaya untuk berhenti merokok. Tetapi justru merokok vape menjadi salah satu kecanduan terbaru yang dilakukan oleh masyarakat. Bahkan juga banyak masyarakat yang awalnya tidak merokok memilih untuk merokok vape. Sama seperti rokok pada umumnya, kebiasaan rokok vape ini juga mempunyai beberapa bagi kesehatan. Adapun beberapa bahaya rokok elektrik untuk kesehatan adalah:

bahaya roko elektrik

1. Peradangan paru-paru

Bahaya pertama apabila Anda mempunyai kebiasaan menghisap dan menikmati rokok vape adalah peradangan paru-paru. Rokok vape juga mempunyai bahaya untuk menurunkan fungsi paru-paru seperti pada efek yang timbul karena merokok tembakau. Hal tersebut karena liquid pada rokok vape juga mempunyai nikotin yang dapat untuk menyebabkan inflamasi paru-paru. Oleh karena itulah apabila terlalu sering menghisap rokok elektrik maka bisa terjadi peradangan pada paru-paru. Saat nikotin masuk ke aliran darah, zat tersebut akan dapat memicu kelenjar adrenal dan mengeluarkan hormon adrenalin. Sehingga hal tersebut akan dapat mempercepat detak jantung, pernafasan, dan juga bisa merusak fungsi otak.

2. Kanker paru-paru

Resiko dari merokok vape selanjutnya untuk kesehatan adalah dapat menimbulkan kanker paru-paru. Penyakit ini menjadi salah satu himbauan bahaya merokok yang selalu ditemukan di bungkus rokok tembakau. Tetapi juga penyakit ini bisa terjadi karena bahaya rokok elektrikyang dikatakan lebih sehat dibandingkan rokok tembakau. Apabila mempunyai kondisi peradangan paru-paru yang sudah parah, maka tahap selanjutnya dari bahaya nikotin adalah dapat untuk menimbulkan kanker paru-paru. Hal tersebut dipicu oleh zat formaldehid yang terkandung di dalam rokok vape yang dapat menjadi salah satu zat pemicu kanker atau karsinogenik. Dengan mempunyai kebiasaan menghisap zat tersebut yang akan masuk ke tubuh dan diserap paru-paru maka akan menyebabkan resiko terkena kanker paru-paru lebih besar.

3. Penyakit jantung

Penyakit yang mematikan dan berbahaya selanjutnya yang dapat terjadi ketika mempunyai kebiasaan menghisap rokok elektrik atau vape adalah penyakit jantung. Hal ini dapat terjadi apabila kandungan nikotin yang ada pada vape dihisap oleh tubuh secara terus menerus sehingga dapat untuk menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah arteri. Hal tersebut akan dapat menyebabkan terganggunya fungsi jantung hingga mengalami komplikasi serangan jantung.

4. Kerusakan otak

Penyakit berbahaya selanjutnya yang dapat terjadi ketika sering menghisap rokok elektrik adalah terjadinya kerusakan otak. Hal ini juga disebabkan oleh bahan utama dari rokok yaitu nikotin. Dimana kandungan nikotin tersebut dapat untuk menimbulkan dopamine sehingga membuat orang yang mempunyai kandungan ini lebih senang dan tenang. Akan tetapi apabila terus dikonsumsi hal tersebut akan mempunyai dampak buruk untuk kesehatan yaitu dapat untuk mengganggu kinerja otak.

5. Bayi terlahir cacat

Selain bahaya rokok elektrikuntuk kesehatan untuk diri sendiri, bahaya lainnya yang berbahaya adalah untuk orang lain. Terutama untuk bayi yang dapat terlahir cacat yang disebabkan oleh rokok elektrik. Hal tersebut dikemukakan oleh tim peneliti dari Virginia Commonwealth University yang melakukan penelitian dan menemukan bahwa asap dari vape berbahaya untuk tumbuh kembang janin. Hal tersebut akan membuat bayi mempunyai resiko yang lebih besar terlahir cacat.