Otomotif Tips dan Trik

Tips Mudah Cara Mengganti Oli Gardan Motor dan Mobil Anda

Buyavana – Apakah Anda mengenal oli gardan? Ya, oli yang berperan melumasi mesin transmisi ini memang kerap diabaikan kehadirannya oleh para pengendara. Lalu, apakah oli ini sejatinya harus diganti dan bagaimana cara mengganti oli gardan motor dan mobil Anda? Apakah Anda penasaran? Jika iya, mari kita simak ulasannya di artikel berikut ini!

cara mengganti oli gardan motor

Mengenal Fungsi Oli Gardan

Oli yang sangat berperan besar dalam keawetan mesin kendaraan ini bisa dibilang “terabaikan”. Pasalnya, oli ini sering dianggap mampu bertahan lama sehingga para pemilik kendaraan ini kerap membiarkan oli gardan tidak terganti dalam jangka waktu lama. Padahal jika tidak diganti, kerusakan mesin tidak akan terhindarkan dan Anda harus membayar biaya perawatan yang tidak sedikit.

Untuk sedikit mengetahui fungsi oli gardan, Anda baiknya menyimak penjelasan berikut ini. oli gardan adalah oli utama yang merawat mesin kendaraan Anda sehingga harus diganti secara berkala. Oli ini bertugas melumasi komponen mesin Anda agar transmisinya berjalan lancar. Meski harganya tidak mahal, namun perannya sangat vital untuk mencegah kerusakan kendaraan Anda.

Cara Mengganti Oli Gardan Motor dan Mobil

Selain menghindarkan kotak CVT dari suara mesin yang berisik, oli ini juga berguna untuk menurunkan resiko pergesekan pada transmisi kendaraan. Tidak hanya itu, oli ini juga berguna untuk melumasi celah-celah sempit pada gear CVT sehingga temperaturnya terjaga. Nah, ada beberapa cara mengganti oli gardan motor dan mobil Anda, yakni :

1. Motor Terparkir di Tempat Rata

Langkah pertama untuk mengganti oli gardan adalah Anda harus memarkir motor di tempat yang rata. Jika sudah, Anda bisa mengatur motor pada standar 2 agar CVT terlihat. Setelahnya, buka baut penguras di dekat kotak CVT agar oli bekas dapat keluar dengan lancar. Kuras oli bekas pada wadah yang tersedia dan jika sudah selesai, maka tutup kembali baut dengan kencang.

2. Siapkan Oli Gardan Baru

Setelah terkuras habis, siapkan oli gardan terbaru yang sudah Anda beli. Buka baut pengisi dan isikan oli gardan dengan hati-hati. Jangan sampai oli tumpah dan masuk ke dalam transmisi motor. Agar pengisian semakin lancar, jangan lupa untuk memencet wadah oli agar seluruh isinya yang kental itu dapat mengalir masuk sepenuhnya. Jika selesai, tutup baut pengisi dengan kencang agar tidak bocor dan Anda bisa berkendara.

Jika tadi adalah cara mengganti oli pada motor, maka berikut kita akan membahas tentang cara mengganti oli pada mobil. Sekilas saja, karena siapa tahu Anda juga membutuhkan. Caranya kurang lebih hampir sama, yakni dengan menguras oli lama dan mengisi dengan oli baru. Hanya saja untuk mobil, Anda jangan lupa untuk menarik rem tangan kala memarkir mobil agar Anda aman dan terjaga kala penggantian oli.

Setelah itu, Anda bisa menguras oli bekas dengan membuka lubang penguras dan mengisi oli baru melalui lubang pengisi. Uniknya, ada dua pilihan wadah dalam penggantian oli gardan di mobil, yakni melalui plastik atau botol. Jika pakai botol, maka Anda hanya perlu selang untuk menghubungkan botol dan lubang. Namun jika pakai plastik, Anda hanya perlu mengisikannya langsung secara perlahan agar tidak tumpah.

Biasanya, oli ini dapat diisikan maksimal hingga 2 L saja. Apabila sudah selesai, maka pasang kembali baut lupang pengisi agar oli tidak bocor dan menyulitkan Anda dalam berkendara. Bagaimana? Mudah, bukan?

Demikian ulasan tentang cara mengganti oli gardan motor dan mobil Anda. Ikuti terus berbagai tips menarik seputar dunia otomotif dan semoga wawasan Anda bertambah!